4 Hintalu "Telur Masak Habang Khas Banjar"

4 Hintalu "Telur Masak Habang Khas Banjar"
Minggu ini kulineranya ke Banjar 😃😃😃

Perdana nih saya bikin masakan khas Banjar pilihan saya jatuh ke masakan Habang recook dari Mbak HanHanny @ Cookpad , resep aslinya memakai cabe besar Kering ,di rebus sampe loyo lalu buang bijinya , tapi karena saya g punya Cabe Merah Kering , saya pake Cabe Halus Home made yg saya bikin sendiri , yg bahan dasarnya juga sama dari cabe merah besar yg sudah di buang bijinya dan saya tumis sampai matang lalu saya jemur sampai warnanya menjadi merah gelap untuk resep nya udah saya share sblm resep ini yaa untuk melihatnya klik 10 ~ 3 Cabe Halus Basah Home Made Awett.
Ternyata enak juga masakan habang ini lho Mom , sekilas terlihat mirip dengan telur bumbu balado tapi rasanya beda lhoo Mom , masak habang ini ada aroma rempah dan kencurnya 😉😉😉

#BerburuCelemekemas
#Resolusi2019
#PekanInspirasi
#Pekan_Banjar
#MasakHabang
#CookpadCommunity_Solo
#CloverCookingLover

Bahan-bahan

8 Porsi
6-8 butir telur
12 buah cabe kering (saya 2 sdm Cabe Halus bumbu Merah)
Bumbu Halus
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
3 cm jahe
3 cm kencur
1/2 sdt terasi bakar
Bahan Tambahan
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdm air asam jawa
3 ruas jari Kayu manis
2 sdm gula merah
300 ml air

Langkah

1.Rebus telur sampai matang lalu kupas kulitnya

2.Seperti ini cabe halus yg sudah di tumis dan di jemur yg saya bikin sendiri

3.Campurkan semua bahan bumbu halus dan cabe halusnya lalu haluskan saya haluskan pake blender

4.Lalu tumis bumbu halusnya masukan juga kayu manis nya tumis sampai waranya menjadi agak gelap

5.Setelah bumbu harum dan matang tambahkan air masukan juga gula merah gula pasir garam dan kaldu bubuk nya lalu masukan telur rebusnya

6.Birkan sampai bumbu mengental dan meresap ke telur setelah itu matikan kompor nya

7.Siapkan piring saji taburi dengan bawang goreng

8.Endesssss bangettt..👍👍👍



No comments:

Post a Comment

@kreasiresep